Friday, March 14, 2014

7 Effective Ways to Get Attention on Twitter for Your Business



Twitter adalah sebuah platform media sosial micro-blogging untuk pesan singkat yang dapat mempublikasikan bisnis anda. Kegunaan Twitter sangat berguna dalam pengembangan publikasi perusahaan yang telah maju, perusahaan yang sedang berkembang, maupun Usaha Kecil Menengah (UKM). Namun bagaimana caranya agar tweet anda dapat terlihat menonjol dan dibaca banyak orang? Inilah 7 cara efektif untuk meraih perhatian di twitter: 

Cara Pertama:


Untuk mendapatkan perhatian, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat profil yang terlihat professional, yang memiliki personality, dan yang berbeda dari yang lain agar Anda bisa mencuri perhatian mereka. Anda dapat menggunakan foto yang bagus, username yang jelas, bukan sebuah username yang terlihat aneh dengan menggunakan banyak underscore atau angka-angka aneh mengikuti dibelakang username. Anda harus membuat orang-orang bisa mengenalinya sebagai nama Anda yang jelas.
Cara Kedua:
Anda harus memberikan hal kontras tentang apa yang terjadi di Twitter. Salah satunya, jika orang-orang di sekeliling Anda membuat tweet yang sangat panjang (sampai atau sudah mencapai 140 karakter), maka saat Anda harus membuat banyak tweet yang singkat, Anda akan terlihat berbeda dibandingkan orang lain. Ada juga yang disebut double tweeting, semacam tweet persiapan untuk mendapat perhatian orang-orang, dan membuat tweet kedua untuk membuat orang-orang melakukan action, atau, tweet kedua akan berisi konten yang ingin saya sampaikan pada orang-orang.
Cara Ketiga:
indirect mention, yaitu saat Anda mencoba agar seorang influencer (seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain) memberi perhatian pada Anda, tapi ingin menggunakan taktik soft sell. Yang bisa Anda lakukan adalah jika Anda menemukan sebuah artikel milik mereka yang benar-benar Anda suka, Anda bisa membuat tweet tentang artikel itu, tapi mention saja mereka, gunakan kata-kata yang tidak meminta respon atau yang bisa melakukan hard sell secara langsung. 
Cara Keempat:
Mintalah bantuan kepada orang lain. Kebanyakan orang mengatakan bahwa Anda harus membantu orang lain untuk mendapat perhatian, tapi Anda juga bisa mendapatkan banyak perhatian dengan cara meminta bantuan. Saat Anda meminta bantuan, mintalah mereka untuk me-retweet tentang Anda. Anda akan mendapat perhatian dengan cara ini. Dan dengan cara ini Anda menunjukkan bahwa Anda ingin belajar, dan berusaha untuk lebih baik dalam segala hal yang Anda lakukan.
Cara Kelima:
Jagalah konsistensi. Ini adalah salah satu cara branding yang efektif dimana Anda mencoba membuat logo Anda agar dikenal oleh orang-orang secara instan, sepeti logo milik Starbuck atau Nike. Anda ingin orang-orang bisa mengetahui hal tersebut begitu melihatnya. Mindset yang ingin kita bentuk kurang lebih sama. Jadi yang saya maksud dengan konsistensi adalah Anda mencoba membuat seorang influencer memperhatikan Anda, kita tidak akan menggunakan cara yang terlalu cepat, sama seperti saat mendekati seorang wanita. Anda harus secara rutin, merespon pada pertanyaan atau me-mention mereka. Jika mereka memperhatikan Anda melakukan hal ini secara konsisten, sekaligus membuat konten yang bagus secara konsisten juga, tentu mereka akan memperhatikan Anda. Hal ini akan membentuk relasi dan perhatian yang lebih kuat.
Cara Keenam:
Di negara maju seperti Amerika Serikat, terdapat banyak Twitter Chat dengan jadwal, tema dan hashtagnya masing-masing, berpartisipasi dalam Twitter Chat adalah cara yang cukup baik untuk mendapat perhatian di luar audiens yang sudah Anda miliki di Twitter. Anda bisa memasuki salah satu chat ini dan bergabung dalam pembicaraaan. Buatlah beberapa orang melihat bahwa Anda adalah bagian dari komunitas tersebut. Hal terbaik adalah Anda memasuki sebuah komunitas yang sudah jadi, sesuatu yang sudah populer di Twitter. Anda akan memiliki banyak orang yang memperhatikan dengan menggunakan hashtag itu.
Cara ketujuh:
Rutinlah melakukan (RT) retweet dari follower-follower yang akan dilihat para influencer. Seringkali Anda perlu untuk mencuri perhatian para influencer, dan ada kemungkinan beberapa follower Anda di follow oleh para influencer, itu artinya jika tweet Anda di re-tweet oleh follower Anda, maka ada kemungkinan nama Anda akan muncul di timeline para influencer. Semakin sering hal ini terjadi, semakin sering Anda muncul di hadapan para influencer, di luar dari audiens yang memang sudah Anda miliki, dan hal ini memang sengaja direncanakan. akhirnya bila influencer sudah tertarik, maka anda akan sukses mempublikasikan bisnis anda karena perhatian mereka yang telah anda dapatkan adalah kunci keberhasilan anda.
Bersiaplah kebanjiran order produk atau jasa yang telah anda publikasikan di twitter.
Good Luck! :)

No comments:

Post a Comment